Selasa, 05 Oktober 2010

BAB VI ANALISIS PROFITALITAS & PENILAIAN EKUITAS

BAB VIANALISIS PROFITABILITAS & PENILAIAN EKUITAS
Analisis Profitabilitas Perusahaan
Analisis profitabilitas perusahaan merupakan bagian utama analisis laporan keuangan. Seluruh laporan keuangan dapat digunakan untuk analisis profitabilitas, namun yang paling penting adalah income statement (laporan laba rugi). Analisis profitabilitas sangat penting bagi semua pengguna, khususnya investor dan kreditor. Bagi investor, laba merupakan satu-satunya faktor penentu perubahan nilai efek. Pengukuran dan peramalan laba merupakan pekerjaan paling penting bagi investor. Bagi kreditor, laba dan arus kas operasi umumnya merupakan sumber pembayaran bunga dan pokok. Ketika mengevaluasi profitabilitas perusahaan4 kita berfokus pada beberapa pertanyaan seperti
·Apakah ukuran laba yang relevan bagi perusahaan?
·Bagaimana kualitas laba?
·Komponen laba apakah yang paling penting untuk peramalan laba?
·Bagaimana kekuatan laba (earnings power) perusahaan?
Menganalisis Pendapatan
üApakah sumber utama pendapatan?
üBagaimana daya tahan sumber pendapatan?
üHubungan antara pendapatan, piutang, dan persediaan?
üPengakuan pendapatan-kapan pendapatan dicatat dan bagaimana pendapatan diukur?
Menganalisis Harga Pokok Penjualan
HPP merupakan komponen biaya terbesar bagi sebagian perusahaan. Analisis harus selalu mewaspadai metode klasifikasi biaya dan dampaknya pada penilaian masing­masing biaya dan pada analisis komparatif dalam dan lintas perusahaan.
üMengukur Laba kotor (gross profit)
Laba kotor adalah pendapatan dikurangi harga pokok penjualan. Laba kotor sering kali dilaporkan dan dijelaskan dalam bentuk persentase.
üMenganalisis Laba kotor
Analisis laba kotor mengerahkan perhatian khusus pada penyebab variasi penjualan dan harga pokok penjualan. Analisis perubahan laba kotor umumnya dilakukan secara internal karena memerlukan data yang tidak dipublikasikan kepada umum, termasuk jumlah unit penjualan, harga jual per unit, dan biaya per unit. Evaluasi perubahan laba kotor memberikan pandangan yang berguna bagi analisis internal (dan bagi analisis eksternal jika data tersedia).
üMenginterpretasikan Laba kotor
Menganalisis perubahan penjualan dan HPP berguna untuk menemukan penyebab utama perubahan laba kotor. Jenis perubahan sering kali terdiri atas salah satu atau kombinasi dari faktor-faktor berikut:
1.Kenaikan (penurunan) volume penjualan
2.Kenaikan (penurunan) harga jual per unit
3.Kenaikan (penurunan) biaya per unit
Interpretasi hasil analisis perubahan laba kotor memerlukan identifikasi faktor utama yang menyebabkan perubahan tersebut. Interpretasi tersebut juga memerlukan penilaian alasan yang mendasari perubahan faktor-faktor yang menyebabkan perubahan laba kotor. Analisis sering diperpanjang untuk berfokus pada aktivitas strategis untuk mengatasi atau meningkatkan laba kotor melalui volume, harga, dan biaya.
PENILAIAN EKUITAS BERBASIS LABA
Penilaian perusahaan merupakan tujuan penting bagi banyak pengguna laporan keuangan. Estimasi nilai yang dapat diandalkan dapat digunakan untuk membuat keputusan beli/tahan/jual yang terkait dengan efek-efek, menghitung nilai perusahaan untuk keputusan kredit, estimasi nilai untuk penggabungan usaha, menentukan harga penawaran saham perusahaan pada publik, dan berbagai aplikasi yang bermanfaat lainnya.
Dua pengukuran penilaian yang sering digunakan adalah rasio harga terhadap nilai buku (price to book-PB) dan rasio harga terhadap laba (price to earning-PE). Dengan kedua rasio tersebut para analis seringkali membuat keputusan inestasi berdasarkan nilai rasio ini.
Price to Earning Ratio
Price to Earning Ratio = harga pasar per lembar / EPS per lembar saham
PER 10,5 kali berarti harga pasar perlembar saham mencapai 10,5x dari EPS. PER yang tinggi menunjukkan prospek tumbuh perusahaan yang tinggi (kalau terlalu tinggi tidak baik karena mungkin harga saham tidak akan naik lagi dan kemungkinan memperoleh capital gain akan lebih kecil). PER yang rendah menunjukkan prospek tumbuh yang rendah. Semakin rendah PER, semakin murah saham tersebut. Tetapi selain melihat PER tinggi/ rendah kita juga perlu membandingkan PER perusahaan tersebut dengan PER industry lain yang sejenis.
Price to Book Ratio
PB Ratio = Harga saham / nilai buku ekuitas
Semakin rendah rasionya berarti harga saham tersebut murah atau berada dibawah harga sebenarnya, namun hal ini juga dapat berarti ada sesuatu yang merupakan kesalahan mendasar pada perusahaan tersebut. Semakin tinggi PB suatu saham, analis biasanya menganggap harganya semakin mahal.
LATIHAN
Mengananlisis perubahan Gross Profit
Paidi Coorporation menjual dua produk utama yaitu : produk A adalah pemberish untuk rumah tangga dan Produk B adalah penjernih untuk industry. Margin Kotor ( Gross Profit) berikut komponen – komponennya selama dua tahun lalu adalah sebagai berikut :
Tahun 7Tahun 6
Penjualan :
Produk A$ 60.000$ 35.000
Produk B$ 40.000$ 45.000
jumlah$ 100.000$ 80.000
HPP
Produk A$ 50.000S 35.000
Produk B$ 19.500$ 27.000
Laba kotor ( Gross Profit)$ 30.500$ 18.000
Harga jual produk A di Tahun 6 adalah $5 per unit dan di tahun ke 7 adalah $ 6 unit. Harga produk B adalah $ 50 per unit ditahun ke 2 tahun tersebut. Analisis sekuritas dan media bisnisnya menyatakan keterkejutan atas penjulan paidi sebesar 12.5% yang disertai penurunan margin kotor sebesar $ 4.500 di tahun ke 7
Diminta :
Siapakan laporan analisa untuk perubahan margin kotor tahun 7 terhadap tahun 6. Bahas dan tunjukan dampak perubahan kuantitas, harga, biaya, dan paduan produk terhadap margin kotor.
Penilaian Ekuitas Berbasis Akuntansi
Setelah menganalisis laporan keuangan secara mendalam, kita memperoleh prediksi berikut atas Colin Technology :
Tahun
Laba Bersih
Nilai Buku Awal
1
$ 1.034
$ 5.308
2
1.130
5.292
3
1.218
5.834
4
1.256
6.338
5
1.278
6,728
6
1.404
7.266
7
1.546
7.856
Biaya modal Colin Technology diestimasi sebesar 13%.
Diminta :
a.Laba abnormal ditaksir sebesar $0 per tahun setelah Tahun 7. gunakan model penilaian ekuitas berbasis akuntansi untuk mengestimasi nilai Colin pada awal tahun 1.
b.Tentukan rasio PB Colin dengan menggunakan hasil pada (a). Rasio actual PB Colin adalah 1,95. apakah kesimpulan anda dari perbandingan ini ?
c.Tentukan rasio PE Colin dengan menggunakan hasil pada (a). Rasio actual PE Colin adalah 10. apakah kesimpulan anda dari perbandingan ini?
Tahun 7 dengan nilai buku tetap sebesar $8.506, gunakan model penilaian ekuitas berbasis akuntansi untuk memperkirakan nilai Colin pada a.

2 komentar: