Selasa, 05 Oktober 2010

BAB III ANALISIS AKTIVITAS OPERASI

BAB IIIANALISIS AKTIVITAS OPERASI
Pendapatan (revenues) adalah arus masuk atau peningkatan nilai aktiva suatu perusahan atau pengurangan kewajiban yang berasal dari aktivitas utama atau inti perusahaan yang masih berlangsung. Sebaliknya keuntungan (gains) adalah peningkatan aktiva bersih yang berasal dari transaksi insidental atau tidak biasa perusahaan.
Pengakuan penghasilan
" suatu penghasilan akan diakui sebagai penghasilan pada periode kapan kegiatan utama yang perlu untuk menciptakan dan menjual barang dan jasa itu telah selesai"
Pelaporan Pos-pos tidak biasa
Pos-pos tidak biasa terbagi dalam enam kategori umum :
1.Operasi yang dihentikan
2.Pos-pos luar biasa
3.Keuntungan dan kerugian yang tidak biasa
4.Perubahan prinsip akuntansi
5.Perubahan estimasi
6.Koreksi kesalahan
LABA PERSAHAM : Perhitungan dan Analisis
Laba per saham (earnings per share-EPS) sangat banyak digunakan dalam mengevaluasi kinerja operasi dan profitabilitas suatu perusahaan. Dilusi (dilution) merupakan pengurangan laba per saham atau peningkatan kerugian per saham yang berasal dari efek dilutive yang dikonversi menjadi laba per saham, eksekusi opsi dan waran, atau pengeluaran saham tambahan sesuai dengan kontrak tertentu.
Struktur Modal Sederhana
Struktur Modal Sederhana hanya terdiri atas saham biasa dan efek yang tidak dapat dikonversi dan tidak memiliki efek dilusi yang potensial. Untukperusahaan dengan struktur modal sederhana, diwajibkanpenyajian satu laba per saham yang dihitung sebagai berikut :
EPS =
Struktur Modal yang Kompleks
Perusahaan dianggap memiliki struktur modal yang kompleks jika perusahaan memiliki efek berpotensi dilusi seperti efek yang dapat dikonversi, opsi dan waran, dan perjanjian pengeluaran saham sejenisnya. Lebih dari 25% perusahaan yang sahamnya diperdagangkan untuk umum memiliki efek berpotensi dilusi. Untuk perusahaan dengan struktur modal yang kompleks, diwajibkan penyajian dua laba per saham yaitu EPS basic dna EPS diluted. Rumus perhitungan EPS basic sama dengan rumus pada EPS basic struktur modal sederhana. Sedangkan untuk EPS diluted : Pembilang untuk EPS diluted menyesuaikan laba bersih terhadap dampak berikutefek yang dapat dikonversi atau opsi dieksekusi :
(1)Jika saham preferen yang dikonversi menjadi saham biasanya, maka dividen saham preferen harus dikeluarkan karena diasumsikansaham preferen tidak lagi beredar.
(2)Jika obligasi yang dikonversi, beban sahambiasa, maka dividen saham bersih. Ini dilakukan dengan menambahkan kembali jumlah bunga yang terjadi setelah dikurangi pajak.
Pada penyebut ditambahkan saham beredar yang berasal dari konversi atau eksekusi opsi. Untuk obligasi yang dapat dikonversi, jumlah saham yang akan dikeluarkan saat konversi ditambahkan langsung. Untuk opsi, kita menggunakan asumsi bahwa kas masuk dari eksekusi opsi digunakan untuk membeli kembali saham pada pasar dengan harga saham rata-rata.
LATIHAN
1.Laba bersih Ace Company untuk tahun berjalan adalah $4.000.000 dan jumlah saham biasa beredar adalah 3.000.000 lembar (tidak ada perubahan saham beredar selama tahun tersebut). Ace memiliki opsi dan waran beredar untuk membeli 1.000.000 saham biasa seharga $ 15 per saham.
Diminta :
a.Rata-rata harga pasar saham biasa adalah $20, harga akhir tahun adalah $25. tingkat bunga pinjaman 6% dan tarif pajak 50%. Hitung laba per saham dasar (Basic EPS) dan laba per saham dilusian (Diluted EPS).
b.Lakukan penghitungan yang sama seperti asumsi pada a dengan asumsi laba bersih tahun berjalan hanya $3.000.000, harga pasar saham biasa rata-rata adalah $18 dan harga akhir tahun $20 per saham.
2.Informasi terkait dengan struktur modal Dole Corporation adalah sebagai berikut :
31 Desember
Tahun 5
Tahun 6
Saham Biasa
90.000 saham
90.000 saham
Saham Preferen yang dapat dikonversi
10.000 saham
10.000 saham
Obligasi dapat dikonversi, bunga 8%
$ 1.000.000
$ 1.000.000
Sepanjang Tahun 6. Dole membayar dividen sebesar $1 per saham untuk saham biasa dan $2,40 per saham untuk saham efisien. Saham preferen dapat dikonversi menjadi 20.000 saham biasa. Obligasi dengan bunga 8% dapat dikonversi menjadi 30.000 saham biasa. Laba bersih untuk tahun yang berakhir 31 Desember Tahun 6 adalah $285.000, Tarif Pajak 50%.
Diminta :
a.Hitung laba per saham dasar ( basic EPS) untuk tahun yang berakhir tanggal 31 desembar tahun 6
b.Hitung laba per saham dilusian ( diluted EPS) untuk tahun yang berakhir tanggal 31 desember tahun 6

2 komentar: