Selasa, 01 Mei 2018

TAROMBO POHAN SIMANJUNTAK POMPARAN OMPU NI GUAM


Turunan Ompu Ni Guam Pohan Simanjuntak di Angkola-Sipirok
Perjalanan Ompu Ni Guam turunan Raja Marsundung dari anaknya yang bernama Raja Mardaup turunan yang ke Sembilan bertempat tinggal di Sipahutar, dari Sipahutar pindah menuju Pangirkiran Padang Bolak, di Pangirkiran ompu ni Guam membuka huta dan berdiam sampai dia meninggal di Pangirkiran ompu ni Guam ini mempunyai tujuh orang anak yaitu Sianggun, Maranggun, Husin(Usin), Marausin, Sidua( Jabango), Jarum Bosi, Jalak Jinok, dari Pangirkiran turunannya menyebar antara lain ke Pintu Bosi ( Hasona), ada yang ke Aek Godang, ada yang ke Desa Sihapas dekat Portibi dan ada yang Ke Batu Olang di dekat Sipirok, ompung yang berdiam di Batu Olang inilah yang bernama Ompu ni Uram ( Jagaloga) yang merupakan turunan dari Marausin yang bermakam di Batu Olang, kemudian dari Batu Olang turunannya pergi ke Parau Sorat Sipirok, dari Parau Sorat sebagian pindah ke Bagas Lombang Sipirok yaitu ompung yang bernama Djamappat I, inilah ompung yang menurunkan marga Pohan Simanjuntak di Bagas Lombang, dari Bagas Lombang menyebar ke Huta-huta di Sipirok antara lain Sialaman, Simangambat dan lainnya di Sipirok.Saya adalah generasi ke delapan belas dari Raja Marsundung Simanjuntak, ayah saya lahir di Sipirok Bagas Lombang, keluarga besar kami punya tarombo ( silsilah) marga Pohan Simanjuntak mulai dari Si Bagot ni Pohan.
Di tulis dari berbagai sumber a.l .Tarombo Pohan Simanjuntak, Cerita keluarga Besar Pohan Simanjuntak Sipirok. 1/05/2018

13 komentar:

  1. Salam kenal bang.
    Boleh saya dapatkan tarombo pohan nya.
    No. WA saya 081376250333

    BalasHapus
  2. Selamat malam Apara, Saya Mardaup Namoratano 16,.... Opung Saya lahir di Parbubupea Tarutung, dan merantau ke Sumatra Selatan,......saya kehilangan jejak mohon kalo Apara berkenan dibagi ke saya WA 088222221962, mauleate Apara

    BalasHapus
  3. Jadi marga pohan itu sebenarnya simanjuntak

    BalasHapus
  4. Mau lah appara tarombo nya soalnya ompung aku dari sipirok parahu dekat pesantren....dulu waktu kecil sering liat tarombonya jadi lupa lupa susunan tarombonya

    BalasHapus
  5. Teruntuk itoku Jerni simanjuntak.
    Sy coba sedikit menjawab pertanyaan into ,jika ada kekeliruan mohon di luruskan.
    Marga Pohan terdiri Dari marga² turunan dari sibagotnipohan yaitu marga² dari anaknya yg sangat di kenal ,Sihubil,Somanimbil,tuan Dibangarna dan sonakmalela.

    Jadi marga Pohan tidak hanya Dari marga simanjuntak tapi dua belas marga yg lain dan marga cabangnya berhak menyematkan marga Pohan sebagai identitasnya.
    Botima.

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. Ada dua Versi marga Pohan, pada Umumnya pohan berasal dari istilah SIBAGOT NI POHAN.
    Dan versi satunya lagi, keturunan simanjuntak yg merantau dan tinggal di daerah Tapanuli Selatan... Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bkn 2 versi tapi 1 versi sama sama kturunan si bagot ni pohan soal pohan di tapsel hanya ingin pake pohan yng lain juga sama punya hak tuk pake pohan tdk ada aturan yng menikah horas

      Hapus
  8. Saya Sawaluddin Pohan opungku manjitom ademnya opung Abang jamanakkok. Tinggal di Jakarta. Alamat Abang Hotman di mana di medan

    BalasHapus
  9. Horas apara Opung di janji mauli Opung Paryataan Pohan Orang tua Opumg itu Orang Kaya Mudah di janji mauli juga.🙏

    BalasHapus
  10. Saya Mahmud sahrijal Pohan. Yang berada di daerah sihapas. Mau nanya bg yg ke sihapas di antara anaknya siapa ya bg?

    BalasHapus